Wednesday, September 28, 2016

Arahan Pemanfaatan Fungsi Lahan dengan SIG

Penggunaan lahan (landuse) diartikan sebagai setiap bentuk intervensi atau campur tangan manusia terhadap lahan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Land use merupakan manifestasi dari bentang lahan yang berasosiasi dengan bentang budaya di suatu wilayah. Perlunya pedoman dalam penentuan arahan fungsi lahan adalah dengan penataan ruang yang didasarkan atas kriteria fungsi utama kawasan, yakni fungsi lindung dan budidaya (UU No 26 tahun 2007). Pengelolaan lahan dimaksudkan agar di masa mendatang lahan dapat berfungsi optimal sebagai media pengatur tata air dan produksi (Kartasapoetra, 1995).


Peran SIG dalam memodelkan fenomena geosfer tentu sangat penting dalam hal ini. Pemodelan fungsi kawasan dapat dilakukan dengan fungsi-fungsi geoprocessing didalamnya dan data-data spasial yang dapat menggambarkan karakteristik wilayah tersebut. Arahan fungsi lahan dapat memberikan gambaran mengenai potensi dan pemanfaatan ruang, serta secara operasional berperan dalam penyusunan produk RTRW. Penilaian karakteristik lahan sebagai dasar penetapan dan pengaturan penggunaan lahan perlu dilakukan dalam menjaga kualitas lingkungan, dan memaksimalkan potensi yang ada sehingga pada akhirnya menjaga keberlangsungan lahan untuk kehidupan manusia.

Modul arahan pemanfaatan lahan diarahkan untuk mendorong kemampuan berpikir mahasiswa dalam membuat perencanaan dasar di suatu wilayah. Kriteria yang digunakan berdasarkan SK Menteri Pertanian no. 837 tahun 1980 serta no. 683 tahun 1981. Teknik overlay dan skoring akan menjadi skill dasar yang akan diterapkan oleh mahasiswa, sehingga kedepannya mahasiswa dapat melakukan kegiatan penelitian mengenai arahan fungsi pemanfaatan lahan di wilayah lain secara mandiri dan mengembangkan kriteria lain dari berbagai ahli. Untuk mempelajari modul ini gunakan tautan berikut ini.


8 comments:

  1. sangat bermanfaat kalo bisa peta citra yang mudah didapat berikut srtm nya

    ReplyDelete
  2. apakah saya bisa mendapatkan paswordnya agar bisa membuka file pdf nya? terima kasih

    ReplyDelete
  3. Silahkan tulis alamat email disini untuk dikirimkan password nya

    ReplyDelete
  4. fatang2014@gmail.com, terima kasih banyak..

    ReplyDelete
  5. asharyalam@gmail.com, terima kasih banyak

    ReplyDelete