Monday, April 9, 2018

Cara Memperbaiki Error Pada SAS Planet

SAS Planet memang telah cukup dikenal luas bagi pengguna untuk dapat mengunduh citra satelit resolusi tinggi berkoordinat baik dari Google, Bing, Yahoo, Yandex ataupun lainnya. Selain itu SAS Planet memberikan kesempatan untuk melakukan pengolahan tahap lanjut di ArcGIS ataupun perangkat lunak lainnya. Namun, dalam beberapa kesempatan khususnya saat menggunakan data dari Google yang memang dikenal sangat lengkap terjadi error yang menyebabkan data citra tidak muncul pada Map View SAS planet. Hal ini ditunjukkan dengan munculnya keterangan "HTTP: 404 Not Found" dengan tampilan citra yang kabur dan ataupun layar abu-abu.

blur pada tampilan sas planet
IMHO secara sederhana barangkali dikarenakan oleh pihak Google selalu mengupdate versi citra satelit yang nantinya akan disimpan dalam cache masing-masing user dan ter setting secara default dalam perangkat SAS Planet. Sehingga saat versi data Google berubah maka SAS planet tidak dapat menemukan versi yang sebelumnya digunakan. Untuk itu perlu dilakukan updating versi data terbaru agar SAS Planet masih dapat mengunduh data dari server. Adapun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Pastikan Anda membuka Google Map dan melakukan login sesuai akun Google Anda. Kemudian aktifkan tampilan satelit.


  • Buka SAS Planet dan pilih menu Setting > Map Setting atau Ctrl+Alt+P. Maka akan muncul keterangan map version. Dalam kasus ini dalam settingan SAS Planet saya masih menggunakan versi 692.

  • Selanjutnya, kembali ke Google Map dan tekan F12. Lalu lakukan search (Ctrl+F) untuk khms.google.com sesuai dengan request URL pada SAS Planet. Setelahnya hasil temuan akan di bold.

  • Kemudian perhatikan kode atau angka disampingnya yang menunjukkan versi data citra yang digunakan. Dalam hal ini Google menggunakan versi 794.

  • Lalu buka kembali SAS Planet dan masuk ke Setting>Map Setting. Kemudian ganti map version SAS planet sesuai dengan versi peta saat itu, dalam kasus ini 794, dan kemudian klik OK.

  • Maka tampilan kabur sebelumnya akan berganti dengan tampilan permukaan bumi yang indah sesuai citra satelit google earth yang aktif.


Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan lupa sampaikan komentar Anda!!!!

16 comments:

  1. terima kasih banyak.. sangat membantu sekali ....

    ReplyDelete
  2. keren ini yang saya ingin pelajari. kerna biasanya pakai citra bing kurang bagus gambarnya terutama atap rumah di perkotaan. thanks

    ReplyDelete
  3. Sama-sama, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke teman2 yaa...

    ReplyDelete
  4. Mantabs.. Terimakasih Banyak Infonya..

    ReplyDelete
  5. kok say null ya.. gak ada angkanya

    ReplyDelete
  6. kok gak bisa ya master masih abu abu

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek sekali lagi setting dari versi citra satelit di google map untuk kemudian digunakan di sas planetnya

      Delete
  7. gm master ada solusi lain kah karena masih tdk bisa juga yg saya map version 804

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAS Planet saya masih menggunakan map version 804, dan masih work kok

      Delete
    2. Coba disetting ketika tampilan sas planetnya sudah blur atau abu-abu. Jika masih update, tidak perlu dilakukan perubahan. Trims

      Delete
  8. terimakasih banyak sangat membantu

    ReplyDelete
  9. Suksess.. Terima kasih banyak min.. Sangat bermanfaat .

    ReplyDelete
  10. maaf mau tanya.... klo untuk tampilan citra arcGIS.imagery atau bing pakai cara yang sama gak ya??

    ReplyDelete
  11. Kalau dari ArcGIS sepertinya sudah langsung terkoneksi dengan server dari penyedia citra, selama itu terhubung dengan internet. Cara ini lebih dimaksudkan saat kita ingin memperoleh data citra dari Google dengan menggunakan SAS Planet. Namun, jika yang dimaksud adalah data Bing pada SAS planet, apabila memang terjadi blur pada tampilannya bisa jadi Bing memang melakukan update data citra pada wilayah yang dimaksud dan bisa dilakukan proses koreksi dengan cara diatas. Namun, sejauh ini saya belum pernah mengalami blur pada citra Bing karena update data Bing yang relatif statis/kurang update dibandingkan Google Map

    ReplyDelete