Tuesday, April 3, 2018

Pendidikan Geografi UM Purwokerto Raih Akreditasi A

Sebagai salahsatu program studi paling tua di lingkungan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Pendidikan geografi memang selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikan baik melalui kegiatan akademik maupun non akademik. Selain itu standarisasi mutu pendidikan yang dibuktikan lewat akreditasi program studi telah disiapkan sejak tahun 2015. Kriteria yang dinilai dalam akreditasi meliputi 7 kriteria penilaian ini juga diupayakan oleh jajaran termasuk peningkatan kualitas laboratorium pendidikan geografi.

Hingga pada akhirnya, pada 5 Desember 2017 Program Studi Pendidikan Geografi mendapatkan predikat A dari BAN-PT melalui proses visitasi dan penilaian borang yang dilaksanakan oleh assesor. Hal ini menunjukkan kualitas dan kapasitas program studi dalam penyelenggaraan pendidikan di tingkat perguruan tinggi yang sangat baik. Disaat bersamaan laboratorium SIG sebagai salah satu unggulan juga mendapatkan penilaian positif.

Ketua Prodi Pendidikan Geografi dalam kesempatannya Sakinah Fathrunadi Shalihati., S.Pd. M.Sc., bahwa menyatakan bahwa ini adalah sebagai bentuk tanggungjawab prodi kepada civitas akademika serta publik akan kualitas pembelajaran geografi dengan upaya peningkatan skill pengolahan data spasial sebagai unggulan. Berdasarkan Surat Keterangan (SK) BAN PT 4595/SK/BAN-PT/Ared/ S/XII/2017 menunjukkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari Mahasiswa, Dosen, dan Tenaga Kependidikan dan kerja keras program studi dalam proses pendidikan.

Disisi lain saat ini mahasiswa diberikan keleluasaan oleh prodi untuk mengembangkan skill akademik dan non akademik. Disaat yang bersamaan dosen di Prodi Pendidikan Geografi juga selalu berupaya melaksanakan tanggung jawab ilmiah melalui publikasi dalam jurnal atau karya tulisan baik di tingkat nasional maupun International.

Melalui akreditasi ini UMP juga berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sebagaimana dipaparkan oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Dr Anjar Nugroho S.Ag., M.SI., bahwa akreditasi A program Pendidikan Geografi menunjukkan kualitas UMP sebagai lembaga pendidikan. Selamat dan sukses terus Pendidikan Geografi UMP!
Location: Köln, Deutschland

0 comments:

Post a Comment