Friday, November 11, 2016

Cara Merubah Koordinat Geografis ke UTM

Koordinat dalam peta menjadi sangat fundamental khususnya saat melakukan pengolahan data spasial. Tak jarang peta mengalami overlap atau bergeser saat koordinat yang digunakan berbeda meskipun pada areal yang sama. Pada saat melakukan overlay peta, terkadang dua data atau lebih harus dalam posisi yang tepat. Sehingga, hal yang mesti dilakukan adalah dengan menyamakan sistem koordinatnya.

Diantara beberapa jenis sistem koordinat yang sering digunakan dan dijumpai dalam data spasial yakni koordinat geografis dan koordinat UTM. Kedua koordinat ini banyak digunakan karena kemudahan dan akurasinya dalam pemetaan. Namun demikian, kedua jenis sistem koordinat ini memiliki referensi yang berbeda, sehingga bila satu lokasi semisal Banjarnegara namun satu data menggunakan decimal degree (lintang bujur) dan satu lagi menggunakan UTM maka keduanya tidak dapat dioverlay sebelum kedua data disamakan sistem koordinatnya.

Pengolahan sistem koordinat akan dapat dengan mudah dilakukan di ArcGIS dengan memanfaatkan fitur projection utility, sehingga transformasi sistem koordinat dapat dengan mudah dilakukan. Namun, cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan software. Beberapa software gratis konverter koordinat bisa diunduh dan dapat digunakan secara bebas.

1. UTM Converter
UTM Converter merupakan software mungil yang dapat digunakan untuk mentransformasikan koordinat dari geografis ke UTM ataupun sebaliknya. So, buat kalian yang menginginkan bisa mengunduhnya disini.

2. Converter online
Konverter online dapat dengan mudah diperoleh di internet. Salahsatunya yang berasal dari Indonesia. Yogantara.info memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk bisa melakukan konversi koordinat secara online dengan tampilan yang sangat mudah. Program sederhana tersebut dapat dipakai untuk membaca dan mengkonversi / transformasi koordinat desimal lintang bujur, derajat menit detik dan UTM. Dilengkapi dengan geocoder untuk mendapatkan nama / alamat lokasi dari data koordinat GPS / UTM atau sebaliknya dan informasi lokasi pada peta Google Map.

3. Konverter dari University of Wisconsin - Green Bay
Tidak jauh berbeda dengan konverter online lainnya. Konverter yang dibuat oleh UWGB dapat dengan mudah digunakan hanya dengan mengisikan koordinat pada kolom yang telah disediakan. Anda dapat mengaksesnya melalui link disini.







0 comments:

Post a Comment