Monday, October 31, 2016

Disini Download SHP Batas Desa Gratis

Kebutuhan data spasial untuk berbagai keperluan saat ini dapat dengan mudah diakses di laman http://tanahair.indonesia.go.id atau dikenal dengan InaGeoportal. Sejak tahun 2011 Badan Informasi Geospasial telah mengembangkan platform ini dan telah banyak membantu berbagai pihak dalam peningkatan kualitas data spasial di daerahnya. Akses informasi yang sebelumnya sulit dijangkau dan terkesan mahal saat ini telah berubah menjadi lebih mudah. Pengguna yang sebelumnya harus melakukan pembelian peta hardcopy untuk kemudian dilakukan dijitasi ulang sekarang dapat bernafas lega dan mengalokasikan tenaganya untuk kepentingan lainnya, seperti untuk media pembelajaran.

Peta InaGeoportal menyediakan fasilitas peta dengan berbagai macam skala mulai dari peta RBI skala 1:25.000, 1:50.000, dan telah mengcover hampir sebagian besar wilayah tanah air. Namun, untuk kemudahan saat ini laboratorium SIG UMP memberikan link untuk batas administrasi desa bagi seluruh wilayah di Indonesia dengan total sebanyak 66.291 desa/kelurahan. Data ini tidak bisa dibilang baru, karena pada tahun 2015 total wilayah administrasi desa telah mencapai lebih dari 75.000 desa dan 6.000 kelurahan. Namun demikian, setidaknya data ini dapat digunakan sebagai data indikatif untuk kebutuhan pemetaan tematik termasuk untuk bidang kesehatan. Untuk mendapatkan data batas administrasi desa, silahkan download disini.

Adapun software untuk mengunduh citra satelit resolusi tinggi gratis Google dengan  dapat diunduh disini.

13 comments:

  1. sangat membantu , terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. Mohon petunjuknya. Kalo peta shp batas desanya sumbernya dari mana dan tahun berapa? Saya membutuhkannya untuk dimasukkan ke daftar referensi. Terimakasih.

    ReplyDelete
  3. Dear Admin,

    Mohon informasi terhadap data diatas. Darimana sumber data tersebut? terimakasih

    ReplyDelete
  4. thanks for information,
    may God bles You

    ReplyDelete
  5. Ada yg lbh baru lagi? Sepertinya itu data shp podes thn. 2010.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. Ada mbak fatma. Batas desa tahun 2015 dari BIG. Hanya saja belum bisa dipublish disini. Lebih baik langsung ke BIG dengan permohonan.

    ReplyDelete
  8. Masih ada data kecamatan yang belum di update, mohon bantuannya propinsi Bengkulu, kab. Bengkulu Utara, kec. Giri Mulya. Gimana untuk mendapatkan data, soalnya mau bantu buat peta kecamatan dan desa

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Untuk saat ini data shapefile paling update ada di BIG. Silahkan bisa email ke info@big.go.id untuk memperoleh peta batas terbaru. Saya hanya punya update peta administrasi hingga tingkat desa khusus Pulau Jawa yang dibuat BIG tahun 2015. Semoga membantu

    ReplyDelete